Bis malam menjadi salah satu alternatif angkutan mudik di daratan Jawa, di samping kereta api, sepeda motor dan kendaraan pribadi. Namun, naik bis malam untuk mudik juga perlu persiapan dan tips-tips tertentu. Nah, berikut tips-tips yang ingin saya bagi berdasarkan pengalaman mudik saya naik bis malam.


1. Cari tiket jauh hari sebelum berangkat

Bis malam juga perlu tiket, terutama untuk kelas bisnis AC ke atas (eksekutif hingga super eksekutif). Biasanya perusahaan otobus (PO) akan membuka loket untuk mudik lebaran sebulan sebelumnya. Nah, informasi itu harus kita dapatkan dengan memantau terus perkembangan, bisa via telepon ke agen. PO tertentu yang sudah besar, sudah memiliki website, seperti PO Rosalia Indah dan PO Safari Dharma Raya, anda bisa menemukan alamat perwakilan dan agen di situs mereka. Jika tidak, datanglah ke terminal bis. Informasi tentang tiket ini penting mengingat begitu cepatnya tiket habis terjual. Saya pernah memiliki pengalaman antre menginap untuk mendapatkan selembar tiket. Sedangkan tahun ini saya harus membayar DP pada agen sejak sebulan sebelumnya untuk mendapat kepastian tiket menjelang hari keberangkatan.


2. Persiapkan barang bawaan anda
Barang yang akan dibawa pada saat mudik harus disiapkan rapi. Pakaian bisa dimasukkan ke tas jinjing atau ransel. Jika anda membawa keluarga, sebaiknya pakaian disatukan dalam satu koper saja supaya praktis. Sementara jika ingin membawa oleh-oleh berupa makanan atau kue, sebaiknya dimasukkan ke dalam kotak kardus dan dibungkus rapi dengan kertas koran, lakban dan tali rafia supaya aman, mudah dikenali dan dan mudah dibawa.


3. Pakailah baju yang nyaman
Perjalanan darat mudik dari Jakarta menuju kota-kota di Jateng dan Jatim biasanya butuh waktu semalaman. Pakailah pakaian yang nyaman, seperti baju kaos. Jangan lupa membawa jaket yang hangat untuk mengantisipasi udara dingin saat perjalanan malam.


4. Bawalah bekal secukupnya

Bekal yang dimaksud di sini adalah makanan dan minuman. Karena perjalanan malam, tentu anda butuh juga makanan dan minuman. Apalagi untuk yang berpuasa, tentu anda butuh makanan untuk buka dan sahur. Roti yang kaya serat dan kue-kue basah serta kurma, bisa anda bawa di kotak khusus. Bawalah air mineral secukupnya, atau bila ingin minuman hangat seperti teh hangat, anda bisa menyiapkannya di dalam termos kecil yang biasa dipakai untuk travelling.


5. Siapkan perlengkapan khusus balita (bagi yang membawa balita)

Dibutuhkan persiapan ekstra jika anda membawa balita mudik dengan bis malam. Persiapkan obat-obatan (misal: obat penurun panas), termometer, popok, handuk kecil, tisu, kantong plastik untuk jaga-jaga bila muntah, makanan balita dan botol minuman. Pastikan balita anda bisa tidur nyenyak saat perjanan malam. Bila perlu anda harus berkorban untuk si kecil, belilah tiket ekstra untuk satu kursi meskipun balita anda masih berusia dua tahun ke bawah. Hal ini supaya anda dan anak anda bisa nyaman selama perjalanan. Pilihlah juga bis malam yang memiliki fasilitas toilet supaya pada keadaan darurat, seperti saat si kecil buang air besar, anda tidak kerepotan dan tidak mengganggu penumpang lain dengan aroma yang menyengat.


Sumber: http://lifestyle.kompasiana.com/urba...kan-bis-malam/